peta pulau sempu

Pulau Sempu, adalah sebuah pulau kecil yang terletak di sebelah selatan Pulau Jawa. Pulau ini berada dalam wilayah Kabupaten Malang, Jawa Timur. Saat ini Sempu merupakan kawasan cagar alam yang dilindungi oleh pemerintah. Dalam pulau ini ada 13 titik tempat yang jadi tujuan dan mempunyai eksotisme tersendiri, seperti yang terpampang pada gambar dibawah ini.

peta sempuSecara geografis, Pulau Sempu terletak diantara 112° 40′ 45″ – 112° 42′ 45″ bujur timur dan 8° 27′ 24″ – 8° 24′ 54″ lintang selatan. Pulau itu memiliki luas sekitar 877 hektar, berbatasan dengan Selat Sempu (Sendang Biru) dan dikepung Samudera Hindia di sisi selatan, Timur dan Barat.

Pulau Sempu dapat ditempuh dari Malang melalui Pantai Sendang Biru, dan penyeberangan menggunakan perahu nelayan dengan biaya Rp.100.000/15 orang untuk antar jemput ke pulau tersebut (harga pada tahun 2008).cukup murah bukan???

Jika kita kesana membawa motor/mobil, tersedia juga penitipan disana. Dan sebelum menyebrang ke pulau tersebut kita bisa membeli ikan di Tempat Pelelangan Ikan sebagai bekal makanan kita di pulau tersebut. Harga ikannya murah banget.

Banyak eksotisme alam yang terdapat di pulau ini, seperti yang bisa anda lihat dibawah ini

lokasi area perkemahan di pulau sempu yang dikelilingi oleh hutan

 

Hutan di pulau sempu

tampak pemandangan karang pulau sempu di selimuti samudra hindia

pulau buaya

Tampak pulau yang menyerupai buaya diambil dari salah satu sudut di pulau sempu

 

pantai pasir kembar salah satu eksotisme pulau sempu