Siapa yang tidak tahu Google? saya yakin seratus persen anda yang membaca tulisan saya ini pasti mengenal Google. Tapi bagaimana bila saya mengatakan BackRub ? apakah seratus persen anda mengetahuinya? Sekitar tahun 1996, Larry dan Sergey membuat proyek mesin pencari dengan nama BackRub.  Dinamai BackRub karena menggunakan teknologi yang mengecek backlink untuk menentukan tingkat kepentingan suatu situs. Backlink adalah semua link dari halaman web lain yang tertuju ke suatu situs.

Setahun berkolaborasi dalam proyek BackRub, sekitar tahun 1997 Larry dan Sergey memutuskan untuk mengganti nama proyek mesin pencarinya dari BackRub menjadi Google. Google sebenarnya lahir karena salah mengeja kata “googol” yang merupakan istilah matematika yang berarti angka yang sangat besar, yaitu angka 1 yang diikuti seratus angka nol, atau 10 pangkat 100. Nama tersebut mencerminkan misi mereka untuk mengelola informasi di web yang tak terkira banyaknya. Namun saya menganggap Google sama dengan “Goggle” yang berarti kacamata debu karena informasi di internet itu begitu banyak jumlahnya dan sulit menyaringnya seperti debu. Saya punya lelucon kecil mengenai Google, “Pakai Goggle(Google) atau kau akan goggle(melotot).”